Sosialisasi Bahaya Asap Rokok Bagi Remaja

Bantaeng (Humas Bantaeng). Pelaksanaan Sosialisasi Bahaya Asap Rokok Bagi Remaja di Lingkup Nahdlatut Thawalib Tompong oleh Petugas Kesehatan Puskesmas Lasepan Kabupaten Bantaeng, yang diikuti oleh Peserta Didik MTs dan MAS Nahdlatut Thawalib Tompong Kab. Bantaeng. Jum’at, 22 Juli 2022.

Dalam penjelasan Salah satu Petugas Kesehatan Puskesmas Lasepan Kabupaten Bantaeng tentang Merokok merupakan sebuah aktivitas yang kini banyak di gandrungi oleh para remaja kita. Dahulu kala merokok hanyalah menjadi bagian dari kehidupan orang-orang tua. Tapi kini merokok sudah merambah ke dalam kehidupan anak-anak sekolah. 

Dibalik kenikmatan yang dirasakan oleh para perokok tersebut terdapat bahaya yang sangat mematikan bagi dirinya dan kehidupan masa depannya. Hal inilah yang ingin dicegah melalui sosialisasi ini. Karena apabila Merokok telah menjadi sebuah kebiasaan yang dilakukan oleh masyarakat pada umumnya, maka bahaya merokok juga akan mengintai masa depannya. 

Masa depan perokok akan menjadi suram, lihatlah ketika mereka yang sudah ketagihan untuk mengkonsumsi sebatang rokok, Jika sudah fatal, maka mereka akan melakukan segala cara untuk dapat menikmati sebatang rokok. Penyakit yang timbul akan tergantung dari kadar zat berbahaya yang terkandung, kurun waktu kebiasaan merokok, dan cara menghisap rokok. Semakin muda seseorang mulai merokok, makin besar resiko orang tersebut mendapat penyakit saat tua.

Remaja cenderung memiliki rasa ingin tahu yang besar. Karena masa remaja adalah masa dimana seseorang masih mencari jati dirinya dan labil terutama terhadap pengaruh lingkungan.

Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan pengetahuan kepada Remaja tentang

bahaya yang diakibatkan oleh mengkonsumsi rokok. Karena sebagian besar Remaja masih buta akan bahaya rokok secara khusus dan masih kurangnya kesadaran untuk tidak merokok seperti di Lingkungan Sekolah/Madrasah yang seharusnya steril dari asap rokok. 

Kami pun pihak Madrasah berharap dengan adanya Sosialisasi akan Bahaya Asap Rokok Bagi Remaja, Peserta Didik akan menyadari dampak buruk yang akan terjadi jika mengkonsumsi rokok. (Hasna)