Simaan, Kegiatan Bulanan Santri Tahfidzul Da'arut Taqwa Tompong Kabupaten Bantaeng

Bantaeng (Humas Bantaeng). Santri tahfidz Da’arut Taqwa Tompong Kabupaten Bantaeng mempunyai kegiatan bulanan yakni simaan, simaan adalah kegiatan pembacaan Al Qur’an tanpa melihat kitab suci Al Qur’an yang dilakukan oleh santri dihadapan Pembina Tahfidz, Dewan Guru MTs dan MAS Nahdlatut Thawalib Tompong serta santri lainnya, jika ada yang salah maka kewajiban Pembina Tahfidz, Dewan Guru MTs dan MAS Nahdlatut Thawalib Tompong serta santri lainnya untuk mengislahnya, kegiatan ini dilakukan sekali sebulan setiap hari Sabtu pagi di Lingkungan Nahdlatut Thawalib Tompong Kabupaten Bantaeng. Sabtu, 23 Juli 2022.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh santri tahfidz didampingi oleh Pembina Tahfidz. Adapun tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kemampuan santri dalam menghafal Al Qur’an juga melatih mental para santri tahfidz dalam melantunkan ayat suci Al Qur’an di tempat umum.

Kegiatan simaan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Santri Tahfidzul Da’arut Taqwa Tompong dalam menjaga hafalan Al-Qur’an secara tartil dan melatih mental keberanian Santri Tahfidzul Da’arut Taqwa Tompong untuk tampil di depan publik serta mampu meningkatkan spiritual dan jiwa qurani. 

Sedangkan bagi seluruh hadirin yang menyimak simaan, semoga mendapatkan rahmat seperti yang dikatakan dalam QS. Al-A’raf: 204 “Dan apabila dibacakan Al-Qur’an, maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat”. Aamiin ya Rabbal Alamiin. (Hasna)