Selamat! Siswa MA Ma' arif NU Lasepang Juara 2 Baca Puisi Baruga Bahasa Tingkat Provinsi

Bantaeng (Humas Kemenag) ,26 juli 2024 Awal Tahun Ajaran Baru 2024/2025 memberikan yang membanggakan MA Ma'arif NU Lasepang Bantaeng. Tahun ini madrasah yang sudah berkali-kali menorehkan prestasi di setiap ajang kompetisi, kembali lagi mendapatkan juara. Jumat 26/7/2024

Kegiatan yang digelar di Benteng Fort Rotterdam Makassar ini merupakan salah satu program dari BASASulsel. Ini merupakan program partisipasi anak milenial dengan pendekatan kebudayaan dan bahasa daerah yang diberi nama "Baruga Bahasa" dengan tema kegiatan "Pelestarian Bahasa Daerah di Sulawesi Selatan".

Kegiatan yang terlaksana kemarin 25 Juli 2024 ini bertujuan untuk mendorong keterlibatan aktif anak muda terhadap isu-isu publik, seni, dan budaya.

Berdasar pada tema yang diangkat pada kegiatan ini, para peserta diberi tantangan menyampaikan puisi sesuai dengan bahasa dari daerah masing-masing. 

Anis Parika adalah siswa MA Ma'arif NU Lasepang Bantaeng berhasil keluar sebagai pemenang ke 2 dari 10 Peserta untuk kategori MA / SMA. 

Anis Parika meraih juara 2 Lomba Puisi ditingkat Provinsi. Bersaing dengan 10 Peserta yang diundang setelah memenuhi kriteria termasuk mengirim penggalan video baca puisi dari panitia yang berasal dari berbagai daerah di provinsi Sulawesi Selatan yang tentunya masing-masing memiliki kemampuan pada bidang yang di lombakan. Bukan hanya tentangan dari kemampuan peserta lain, berpuisi menggunakan bahasa daerah/Makassar menjadi tantangan tersendiri bagi para peserta. Namun, Anis Parika mampu melawan tantangan itu dan optimis menunjukkan pada semua orang bahwa MA Ma'arif NU Lasepang Bantaeng bisa melewati itu dan berhak pulang membawa kemenangan dengan pemenang kedua. 

Anis Parika merupakan siswa kelas 12 MA Ma'arif NU Lasepang Bantaeng. 

"Alhamdulillah puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah karena salah satu siswa kami Anis Parika siswa MA Ma'arif NU Lasepang berhasil menjadi pemenang terbaik 2 lomba Baca Puisi Baruga Bahasa Tingkat Provinsi ujar Rohani, S.Ag., M.Pd. 

Lomba ini adalah bagian pengembangan dari berbagai kegiatan kebahasaan yang diadakan kerjasama LPDP dan Balai Bahasa sebagai bagian dari upaya pelestarian bahasa daerah.

Duta bahasa dan sambutan kepala Balai Bahasa yang dihadirkan menjadi pemacu semangat untuk anak madrasah bangkit berkemajuan berakhlakul karimah. Peserta yang mendaftar di link awal ini ada ratusan peserta yang terjaring lolos 10 orang pertingkatan SMP/ SMA sederajat dan umum. 

Pendaftaran melalui seleksi yang ketat pengiriman video seleksi hingga ditentukan peserta yang lolos untuk mengikuti seleksi secara langsung di Benteng Rotterdam Makassar.

Anis Parika mengakui baru pertama kali mengikuti lomba bergengsi ini dan langsung lolos menjadi juara kedua tak lepas dari dukungan berbagai pihak terutama guru-guru MA Ma'arif NU Lasepang beserta seluruh tenaga pendidik yang selalu jadi support sistem untuk kebaikan peserta didik.

Baruga Bahasa adalah ajang kreatif luar biasa untuk semua tingkatan. (Nuniek Galib)