Pelatihan Penggerak Penguatan Moderasi Beragama Bagi Penghulu Dan Penyuluh Agama Islam Kabupaten Bantaeng

Bantaeng (Humas Bantaeng)  Balai Diklat Keagamaan Makassar bekerjasama dengan Kementerian Agama Kabupaten Bantaeng mengadakan “Pelatihan Penggerak Penguatan Moderasi Agama” di wilayah kerja Kementerian Agama Kabupaten Bantaeng. Kamis (21/07/2022) 

Pelatihan ini diikuti oleh Penghulu dan Penyuluh Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantaeng dengan jumlah peserta 30 orang. Kegiatan ini direncanakan akan berlangsung selama 6 hari yang di mulai tanggal 21 sampai 26 Juli 2022.

tujuan di selenggarakannya Pelatihan Penggerak Penguatan Moderasi Beragama adalah untuk meningkatkan Pengetahuan, Keterampilan dan menambah wawasan peserta guna pelaksanaan tugas sebagai Penghulu/Penyuluh Agama di lingkungan tugas masing-masing serta dapat mengembangkan sikap mental yang baik dalam menjalankan tugas dan fungsinya

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantaeng, yang diwakili oleh Kepala Seksi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantaeng, Sopyan Yasri dalam sambutannya menyampaikan Permohonan Maaf atas ketidak hadiran Bapak Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantaeng, yang sedianya beliau sangat ingin menghadiri acara ini namun karena sesuatu hal sehingga Bapak Kakan Kemenag Kab. Bantaeng tidak sempat hadir.

Lanjut Sopyan Yasri dalam sambutannya berharap dengan sangat kepada seluruh peserta Diklat agar benar benar memanfaatkan momen ini. Dalam mengikuti Diklat ini dengan serius dan penuh tanggung jawab, karena kita akan menjadi orang orang terdepan menggerakkan moderasi beragama . Kemudian jika sekiranya ada sesuatu hal yang sifatnya darurat agar jangan langsung meninggalkan tempat tanpa melakukan komunikasi dengan panitia.

Kemudian  dalam sambutannya Kepala Balai Diklat Keagamaan Makassar menyampaikan rasa terima kasih atas kerja sama dan bantuan seluruh pihak terutama dari unsur pimpinan pada Kankemenag Kabupaten Bantaeng  sehingga pelatihan ini bisa terselenggara. Beliau juga antara lain menyampaikan “Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap / kinerja para Penghulu dan penyuluh agama Islam agar mampu melaksanakan tugas sebagai penyuluh agama pada lingkup masing-masing sehingga mampu menjadi motor penggerak untuk menjaga dan meningkatkan moderasi beragama agar tercipta kehidupan antar umat beragama yang semakin harmonis dan damai di tengah masyakat.

Diakhir acara Kepala Balai Diklat Keagamaan Makassar bekerjasama Kakan Kemenag Kab. Bantaeng yang diwakili oleh Kepala Seksi Bimas Islam Sopyan Yasri, mengalungkan tanda pengenal peserta kedua orang peserta sebagai tanda di bukanya kegiatan Diklat tersebut.

Turut hadir dalam acara tersebut adalah para Widyaswara dan Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam yang juga sebagai Pelaksana harian Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantaeng, Bapak Salam.