Laksanakan Matsama, MAS Ponpes As'adiyah Dapoko Tekankan Pembelajaran Efektif Dan Tata Tertib

Dapoko (Humas Bantaeng) Setiap memasuki tahun pelajaran baru, proses pembelajaran di lingkungan madrasah pada semua jenjang selalu diawali dengan masa orientasi atau pengenalan lingkungan madrasah kepada peserta didik baru yang dikenal dengan istilah “Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA)”.

Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) adalah masa orientasi atau kegiatan pertama masuk sekolah untuk pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal budaya kekhasan madrasah.

Kegiatan Matsama di MAS Ponpes As'adiyah Dapoko sebelumnya di awali dengan kegiatan ta'aruf pondok pesantren As'adiyah Dapoko yang tujuannya sejalan dengan kegiatan Matsama. Kegiatan ta'aruf pesantren ini dilaksanakan sejak tanggal 07 sampai 11 Juli 2024 lalu. 

Matsama MAS Ponpes As'adiyah Dapoko dilaksanakan hari ini, Senin (15/7/24) bertempat di ruang kelas peserta didik. Meskipun pagi ini di warnai dengan guyuran hujan, tetapi tidak menyurutkan semangat dan antusias para peserta didik baru MAS Ponpes As'adiyah Dapoko.

Hari pertama kegiatan Matsama diwarnai dengan pemberian materi yang di bawakan oleh Wakil Kepala Madrasah Urusan Kurikulum dan Wakil Kepala Madrasah Urusan Kesiswaan. Sitti Zuhraeni selaku Wakil Kepala Madrasah Urusan Kurikulum menyampaikan materi terkait program dan metode pembelajaran yg efektif dengan harapan peserta didik dapat menorehkan prestasi akademik dan non akademik. Sedangkan Wakil Kepala Madrasah Urusan Kesiswaan Ikbal menyampaikan materi terkait program kesiswaan dan tata tertib madrasah dan berharap peserta didik mampu menjadi generasi islami yang tetap dapat bersaing dalam ilmu pengetahuan dan tekhnologi. 

Peserta didik baru tahun ajaran 2024/2025 MAS Ponpes As'adiyah Dapoko berjumlah 85 orang, yang berasal dari kabupaten Bantaeng, kabupaten tetangga yakni Bulukumba dan Jeneponto serta kabupaten di luar Sulawesi Selatan.(UMR)