Enam Orang Penghulu P3K Kemenag Bantaeng Ikuti Bimbingan Kepenghuluan

Makassar (humas Bantaeng) Kemenag Sulsel - Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) Sulawesi Selatan bekerjasama dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan Gelar Bimtek Kepenghuluan bagi Penghulu ASN PPPK Se-Sulawesi Selatan di Aerotel Smile Kota Makassar, Kamis 20 Juni 2024.

Dihadiri 48 peserta dari beberapa kab/kota yang ada di sulawesi Selatan.6 orang di antaranya Penghulu Kemenag Kabupaten Bantaeng 

Kegiatan berlangsung selama 3 hari mulai hari Kamis 20 Juni 2024 s/d sabtu 22 Juni 2024 dengan mengusung Tema, "Mewujudkan Penghulu yang Berintegritas dan Berkualitas".


Bimtek dibuka secara resmi oleh Kakanwil Kemenag Sulsel, H. Muh. Tonang.  Ia berpesan kepada peserta agar menjadi garda terdepan Kementerian Agama dalam Melayani Masyarakat dari aspek keagamaan.

Selain itu, Tonang juga menekankan tetap menanamkan sikap moderasi beragama dalam pelayanan, dan berperan aktif mensukseskan berbagai Program Nasional Pemerintah.

"Penghulu bukan hanya melakukan pelayanan pencatatan nikah dan administrasi, namun lebih dari itu para penghulu berada di garis depan dalam membina dan memberikan bimbingan kepada masyarakat,". Ujarnya.

Muh.Tonang yang juga Mantan Kepala Bidang Urais kurang lebih 2 tahun tersebut, juga mengingatkan kepada peserta agar lebih meningkatkan kompetensi diri dari Aspek Keagamaan .

"yang terpenting dari saya untuk teman-teman sekalian, jangan berhenti mengembangkan Kompetensi diri, terus belajar, kembangkan pengetahuan Kegamaan, Menyampaikan Pesan-Pesan Keagamaan Ke Masyarakat itu sebagai Bentuk dari melayani masyarakat", pesannya.


Sementara itu  Kepala Bidang Urusan Agama Islam (URAIS) H. Wahyuddin Hakim, melaporkan pentingnya Kegiatan Bimtek, dan juga menjelaskan dasar dilaksanakannya kegiatan tersebut."

Kegiatan ini merupakan amanat dari Peraturan Manteri Agama Nomor 16 tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Jabatan Fungsional Penghulu, Penghulu Sebelum bertugas kelapangan harus Bimtek dulu , maka saya harap teman-teman selama waktu pelaksanaan yang singkat ini harus betul-betul bekali diri dengan mengikuti secara detail materi dengan sebaik-baiknya, sikap kedisiplinan yang terpenting, Kami akan Menilai personal diakhir kegiatan nanti", ujarnya.

Kagiatan dihadiri Kasubdit Kepenghuluan Kemenag RI DR. H. Anwar Saadi. MA, yang akan menjadi pemateri pada kegiatan tersebut, turut hadir para Ketua Tim Kerja Bidang Urais Kanwil Sulsel, dan Pengurus Wilayah APRI Sulsel. (Spr)