Azbin Fakhirah Tasrih, Menyala di Tingkat Provinsi

Bantaeng (Humas Bantaeng) Memasuki Tahun Ajaran Baru 2024/2025 memberikan awal yang membanggakan MTs Muhammadiyah Bantaeng. Tahun ini madrasah yang sudah berkali-kali menorehkan prestasinya di setiap ajang kompetisi, kembali lagi mendapatkan juara. Jumat/26 Juli 2024

Kegiatan yang digelar di Benteng Fort Rotterdam Makassar ini merupakan salah satu program dari BASASulsel. Ini merupakan program partisipasi anak milenial dengan pendekatan kebudayaan dan bahasa daerah yang diberi nama "Baruga Bahasa" dengan tema kegiatan "Pelestarian Bahasa Daerah di Sulawesi Selatan".

Kegiatan yang terlaksana kemarin 25 Juli 2024 ini bertujuan untuk mendorong keterlibatan aktif anak muda terhadap isu-isu publik, seni, dan budaya.

Berdasar pada tema yang diangkat pada kegiatan ini, para peserta diberi tantangan menyampaikan puisi sesuai dengan bahasa dari daerah masing-masing. 

Azbin Fakhirah sendiri, siswa MTs Muhammadiyah Bantaeng berhasil keluar sebagai pemenang dari 30 Peserta yang terdiri dari instansi tingkat SMP/MTs, SMA, sampai Perguruan Tinggi/Mahasiswa . 

Azbin Fakhirah meraih juara 1 Lomba Puisi ditingkat provinsi setelah memperoleh juara yang sama ditingkat Kabupaten. Bersaing dengan 30 Peserta yang berasal dari berbagai daerah di provinsi Sulawesi Selatan yang tentunya masing-masing memiliki kemampuan pada bidang yang di lombakan. Bukan hanya tentangan dari kemampuan peserta lain, berpuisi menggunakan bahasa daerah/Makassar menjadi tantangan tersendiri bagi para peserta. Namun, Azbin Fahirah mampu melawan tantangan itu dan optimis menunjukkan pada semua orang bahwa MTs Muhammadiyah Bantaeng bisa melewat itu dan berhak pulang membawa kemenangan. 

Azbin Fakhirah merupakan siswa kelas 8 MTs Muhammadiyah Bantaeng. Ia bergabung dalam sanggar seni IPASS MTs Muhammadiyah Bantaeng di bidang Puisi. Disinilah Ia mengasah kemampuannya berpuisi dibawah bimbingan pembinanya, Muh. Fajering yang juga merupakan salah satu guru di madrasah.

Bahwa menjadi wakil madrasah mengikuti festival ini jauh hari, Azbin Fahirah sudah mempersiapkan diri dengan tekun berlatih, sampai pada akhirnya menjadi yang pertama di antara 30 orang peserta dalam festival tersebut. Pada kegiatan tersebut Azbin Fahirah didampingi oleh Pembina sanggar yang pada setiap moment kompetisi, sangat antusias melatih peserta didiknya di madrasah.

"Alhamdulillah atas pencapaian yang diraih oleh Fahirah" ujar Muhammad Fajering, selaku pembina sanggar madrasah.

Mantasiah selaku Kepala Madrasah yang juga turut mendampingi dalam festival tersebut merasa bangga atas prestasi yang diraih peserta didiknya. "Alhamdulillah perjuangan anak kita memberikan hasil yang sangat membanggakan, tentu ini tidak terlepas dari doa kedua orangtuanya dan doa kita semua" Jelas Beliau.

Awal tahun ajaran yang membanggakan bagi MTs Muhammadiyah Bantaeng, semoga pencapaian ini menjadi acuan untuk lebih bersemangat menghadapi kompeti-kompetisi yang akan datang. (Kasma)