Ujian Praktik Seni Rasa Pentas Seni Kelas XII MAS As'adiyah Dapoko

Dapoko (Humas Bantaeng) Pentas seni atau lebih dikenal dengan nama pensi menjadi pilihan untuk ujian praktek seni para siswa kelas XII MAS As'adiyah Dapoko.

MAS As'adiyah Dapoko merupakan salah satu madrasah yang terdapat di wilayah Kabupaten Bantaeng, yang lebih tepatnya berada di kawasan Dapoko, Kecamatan Eremerasa. MAS As'adiyah Dapoko nyatanya tak pernah berhenti untuk terus berinovasi. Salah satunya adalah kemasan ujian praktik mata pelajaran Seni Budaya pada tahun pelajaran 2022/2023 ini.

Sejak pagi di hari Ahad (05/3) siswa kelas XII MAS As'adiyah Dapoko terlihat sangat sibuk mempersiapkan segala perlengkapan pentas seni. Para siswa terlihat mondar-mandir untuk menyuguhkan karya mereka. Seluruh siswa kelas XII jurusan IPA dan IPS yang berjumlah 78 orang melaksanakan penilaian ujian praktik mata pelajaran Seni Budaya yang dikemas dalam bentuk pentas seni (pensi).

Ujian praktik Seni Budaya ini mengambil lokasi di lapangan MAS As'adiyah Dapoko yang digelar dalam bentuk pentas yang ditampilkan secara bergiliran setiap kelompok.  

Panggung pentas seni tahun ini bertemakan, Mengembangkan dan Meningkatkan Daya Kreatifitas Santri-Santriwati Yang Hebat dan Bermartabat. Tema ini bermakna bahwa selaku pendidik akan selalu mengasah kreatifitas para siswa dibidang apapun  dalam konteks positif, terlebih untuk meningkatkan dan memajukan madrasah tercinta.

“Kegiatan ini dikemas untuk pengambilan nilai ujian praktik. Di samping itu pentas seni ini bertujuan untuk menggali potensi dan bakat siswa sehingga talenta siswa dapat tersalurkan, jelas Rudi Hartono selaku guru pembimbing Seni Budaya.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Madrasah Kiyai Muda Sudirman Sappara. Dalam sambutannya beliau menyampaikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan pentas seni tersebut.

"Selaku Kepala Madrasah, Saya sangat mendukung kegiatan semacam ini. Apalagi kegiatan ini merupakan bagian penting dalam penilaian akademik. Saya berharap para siswa dapat tampil dan menyuguhkan yang terbaik sehingga para siswa dapat memperoleh nilai maksimal di ujian praktiknya" ujar ustad Sudirman Sappara.

Pertunjukan seni yang di suguhkan dalam kegiatan pensi tahun ini di antaranya Seni Rupa, Seni Teater, Seni Musik, dan Seni Tari. Semoga dengan adanya panggung pentas seni ini akan menambah kreatifitas siswa, dalam bidang seni. Dan yang terpenting hendaknya bisa membiasakan karakter baik, cinta budaya negeri sendiri dan terhindar dari pergaulan bebas dan kenakalan remaja. Karena siswa hari ini akan menjadi pemimpin di masa yang akan datang, yang tetap mengamalkan nilai- nilai agama.(Umra)