Tim Kalibrasi arah kiblat seksi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kab.Bantaeng Lakukan Pengukuran Arah Kiblat

Bantaeng (Humas Bantaeng ) Tim Kalibrasi arah kiblat seksi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kab.Bantaeng Lakukan Pengukuran Arah Kiblat di wilayah Kecamatan Uluere. rabu, 11 Mei 2022

Kiblat merupakan arah yang dituju umat Islam dalam berbagai konteks ibadah, terutama shalat. Menghadap kiblat merupakan syarat sah shalat menurut kesepakatan para ulama (kecuali dalam keadaan tertentu). Arah ini merujuk pada Ka’bah, bangunan yang terletak di tengah-tengah Masjidil Haram di Mekkah, Arab Saudi.

Guna menyempurnakan ibadah shalat, maka perlu dilakukan pengukuran arah kiblat yang benar dan sesuai. Hal ini bertujuan agar arah yang dituju saat shalat benar yakni menghadap Ka’bah.

Pada kesempatan kali ini, Tim Pengukur Arah Kiblat Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantaeng kembali melakukan tugas pelayanan Pengukuran arah kiblat. Proses pengukuran arah kiblat  tersebut dilaksanakan  Tim Ukur Arah Kiblat Seksi Bimas Islam Kemenag Bantaeng yang dikoordinir  Sopyan Yasri beserta anggota Tim yang terdiri dari H.M.Rajab,Tasrf,Saharuddin,St.Munirah yang didampingi oleh Kepala KUA Kec. Uluere H.Syarief Hidayat,Lc.,MA dan penyuluh Fungsional Ramoddin Hadi., dan disaksikan oleh Kepala Desa Bontolojong serta  pengurus Masjid Al Kautsar Desa Bonto Lojong Kec. Uluere

H.Rahib mewakili pengurus masjid  Mengucapkan banyak terima kasih kepada H.Muh.Ahmad Jailani Kakan Kemenag Kab. Bantaeng yang telah memenuhi permohonan kami dengan menugaskan Tim Kalibrasi arah Kiblat Kemenag Bantaeng untuk datang mengukur arah kiblat Masjid Al Kautsar Desa Bonto Lojong Kec. Uluere Kab. Bantaeng walau lokasinya sangat jauh. Rabu, 11  Mei 2022

“Pengukuran dilakukan mulai pukul 09.30 WIB dengan menggunakan Kompas, GPS,Tracker dan berbagai peralatan pendukung lainnya digunakan untuk menentukan fokus dan akurasi dalam penentuan arah kiblat.

Sementara itu, Sopyan Yasri Kepala Seksi Bimas Islam Kemenag Bantaeng Menjelaskan Bahwa, Menghadap kiblat adalah salah satu syarat sahnya shalat, oleh karena itu pengukuran arah kiblat yang tepat dan akurat sangat penting dilakukan, dengan kemajuan teknologi digital saat ini sudah banyak memberikan kemudahan bagi kita untuk menentukan arah kiblat yang benar. Pengukuran arah kiblat yang dilakukan Tim Kalibrasi arah kiblat Kemenag Bantaeng di Masjid Al Kautsar Desa Bonto Lojong ini dilakukan atas permintaan dari Pengurus Masjid tersebut. “menghadap ke kiblat yang tepat salah satu hikmahnya adalah agar kekhusyukan shalat kita bisa lebih baik”, Tutupnya.

Selanjutnya H.Syarief Hidayat Kepala KUA Kec.Uluere tak lupa juga menyampaikan ucapan terima kasih “Kami sangat berterima kasih kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantaeng melalui tim yang telah melakukan pengukuran arah kiblat masjid Al Kautsar Desa.Bonto Lojong Kec.Uluere Semoga menjadi berkah dan semangat untuk beribadah bagi para jamaah di Masjid ini,” ucapnya.