Sambut Ujian, Siswa MAS As'adiyah Dapoko Gelar Zikir Dan Doa Bersama

Dapoko (Humas Bantaeng) Menjelang Ujian Akhir Pesantren As'adiyah dan Asesmen Madrasah (AM) untuk kelulusan siswa kelas XII tahun 2022/2023, MAS As'adiyah Dapoko menggelar zikir dan doa yang diikuti seluruh siswa kelas XII, Rabu (08/03/2023).

Ujian akhir pesantren As'adiyah akan dilaksanakan tanggal 11-13 Maret 2023 dan ujian asesmen madrasah (AM) akan dilaksanakan tanggal 27 Maret hingga 05 April 2023. Tahun ini jumlah peserta ujian MAS As'adiyah Dapoko sebanyak 81 orang siswa. Ujian pesantren kali ini dilaksanakan secara semi online menggunakan android dan ujian asesmen madrasah dilaksanakan secara online menggunakan android.

Zikir yang dilaksankan MAS As'adiyah Dapoko dipimpin oleh para santri (Rahmatullah, Ahmad Fauzi, Muh. Ikhsan Irfan) yang juga merupakan para Hafidz andalan di MAS As'adiyah Dapoko. Sementara Doa dipimpin langsung oleh Kiyai Muda Sudirman Sappara.

Para santri mengikuti zikir dan doa dengan seksama bahkan mereka sampai berlinang air mata. Mereka mengingat perjalanan mereka menempuh pendidikan selama kurang lebih 3 tahun. Mereka mempunyai cita-cita besar untuk dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang universitas. Usai zikir, segenap siswa dan guru saling bersalaman dan meminta maaf. Pada proses ini tampak rasa haru yang mendalam di antara mereka. Mereka saling meminta maaf dan saling mendoakan agar sukses menghadapi ujian. 

Zikir dan doa bersama dilaksanakan untuk memohon petunjuk kepada Allah swt agar dimudahkan dalam menjawab soal Ujian. "Kegiatan seperti ini merupakan agenda tahunan yang telah kita lakukan. Ihtiar sudah kita lakukan, 3 tahun bapak/Ibu guru dan siswa telah melakukan pembelajaran dengan baik. Saat ini, kita mencoba mengetuk pintu langit, menengadahkan tangan bersama memohon kelancaran dalam menempuh ujian akhir dan kesuksesan meraih cita-cita” tutur Kiyai Muda Sudirman Sappara selaku Kepala Madrasah MAS As'adiyah Dapoko.

Lebih jauh beliau menambahkan bahwa zikir dilakukan dengan tujuan memberikan bekal spritual kepada para siswa yang akan mengikuti ujian. Diharapkan para siswa siap secara mental, juga diberi kekuatan sehingga siap menghadapi ujian. Dan pelaksanaan ujian pesantren dan asesmen madrasah dapat berjalan dengan lancar sesuai yang diinginkan. 

Luruskan Niat, Satukan Tekad, Gelorakan Semangat Demi Menggapai Suksesnya Ujian Akhir Pesantren As'adiyah Dan Asesmen Madrasah.(Umra)