Puluhan Santri Ponpes As' Adiyah Kaloling Melakukan Safari Ramadhan Di Wilayah Kabupaten Bulukumba

Bulukumba (Humas Bantaeng) Puluhan santri pondok pesantren As’ Adiyah Kaloling melakukan safari Ramadhan di Desa Anrihua Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba. Pengurus masjid mengaku sangat bangga dengan program para Pembina santri memberi tambahan wawasan keagamaan kepada warga Anrihua.

"Saya bersyukur dan bangga mendapatkan kepercayaan dari Pondok Pesantren As’ Adiyah Kaloling untuk menjadi tempat program Safari Ramadhan," Kata Andi Irna Rahayu,S.Pd dan Andi Rusmin Mansur,S.H sebagai Tokoh Masyarakat , Selasa (28/03/2023)

Andi Irna Rahayu,S.Pd dan Andi Rusmin Mansur,S.H mengatakan kegiatan safari Ramadhan merupakan kegiatan sangat positif karena akan memberikan tambahan wawasan keagamaan bagi masyarakat terutama di bulan yang penuh berkah ini.

"Ini satu anugerah, satu berkah bagi kami, dan juga masyarakat. Apalagi ini di bulan Suci Ramadhan," terangnya.

Kegiatan Safari Ramadan Pondok Pesantren As’ Adiyah Kaloling yang dilaksanakan di Desa Anrihua Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba, di Masjid Istiqomah, Masjid Babul Khair Pambaeng-baeng, Masjid Darul Ulum Cabbu, Masjid Babut Taqwa Passimbungan, Masjid Nurul Mu’min, Masjid Nurussalam Anrihua, Masjid Al-Mulk Bonto-bontoa, Masjid Baburrahman Bonto-bontoa & Masjid Nurul Tarbiyah.

Menurut Andi Irna Rahayu,S.Pd dan Andi Rusmin Mansur,S.H, kehadiran para santri dari ponpes As’ Adiyah Kaloling tersebut akan memberikan suasana baru di bulan Ramadhan, Selain menambah wawasan keagamaan, mereka juga dapat meningkatkan semangat beribadah bagi warga sekitarnya.

"saya yakin para santri As’ Adiyah Kaloling ini akan memberikan sumbangsih yang besar terhadap kemakmuran masjid ini. Makmur dalam arti, masjidnya hidup. Masyarakatnya rajin shalat berjamaah dan mengikuti kegiatan Safari Ramadhan," terangnya.

Interaksi para santri dengan masyarakat diharapkan akan memperkuat jalinan persaudaraan, persatuan, dan gotong royong. Santri yang berasal dari berbagai daerah, tentu akan memberikan khazanah kearifan dalam perbedaan di tengah-tengah masyarakat.

"Yang terpenting, kegiatan ini juga dapat mempererat tali persaudaraan; dapat memperkuat nilai-nilai moderasi agama dalam keberagaman; dapat menebalkan rasa saling menghormati menghargai di antara sesama anak bangsa," Ujar Andi Irna Rahayu,S.Pd dan Andi Rusmin Mansur,S.H. (Muammar/Spr)