Ponpes As'adiyah Dapoko Laksanakan Ujian Akhir As'adiyah Berbasis Android TP. 2022/2023

Dapoko (Humas Bantaeng) Proses pelaksanaan Ujian Akhir As’adiyah tahun pelajaran 2022/2023 kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Proses pelaksanaan Ujian kali ini dilaksanakan secara online, berbasis Aplikasi Android. Sabtu (11/3/2023).

Ujian akhir As’adiyah ini adalah suatu momen sangat penting di Pondok Pesantren As’adiyah, juga menjadi orientasi, bahkan pada UUD Pesantren menjadi salah satu komponen yang harus dilakukan sebagai Pondok Pesantren. Ujian akhir ini juga merupakan salah satu cara dalam  meningkatkan hubungan antara Cabang dan Pusat  secara struktural maupun hubungan secara emosional.

Sebanyak 6.316 santri/santriwati As’adiyah dari seluruh cabang As'adiyah secara serentak melaksanakan ujian akhir As'adiyah yang terdiri dari rayon dan pengikut 217 lembaga yang tersebar di Indonesia. Peserta laki-laki sebanyak 3.249 sedangkan peserta dari perempuan 3.067.

Peserta ujian pondok pesantren As'adiyah Dapoko berjumlah 183 orang siswa, yang terdiri dari 101 siswa kelas IX dan 82 siswa kelas XII. Ujian akhir As'adiyah ini akan dilaksanakan selama 3 hari, tanggal 11 s/d 18 Maret 2023.

Ujian akhir As'adiyah terdiri dari beberapa mata pelajaran yang meliputi : Qawaid, Ushul Fikih, Ilmu Balagah, Ilmu Arudhy, Ilmu Hadist, Keas'adiyaan dan Ilmu Tafsir.

Pimpinan pondok pesantren As'adiyah Dapoko dalam hal ini Kiyai Muda Hamzah Israil  memberikan arahan kepada para siswa yang akan mengikuti ujian. Arahan ini diberikan sesaat sebelum siswa masuk keruang ujian, di dampingi Kepala Madrasah Tsanawiyah dan Kepala Madrasah Aliyah, para guru dan panitia pelaksana ujian. 

“Untuk mensukseskan Ujian Akhir As'adiyah ini kita perlu kerjasama yang baik antara siswa dan madrasah, semua guru yang terbentuk dalam panitia pelaksana ujian berjuang untuk mensukseskan ujian yang akan kita tempuh selama tiga hari, untuk itu agar perjuangan para guru ini tidak sia-sia, anak-anakku sebagai peserta ujian juga harus punya komitmen untuk mensukseskan ujian As'adiyah ini, bagaimana caranya, ya dengan mengikuti ujian ini dengan baik, datang tepat waktu, waktu belajar yang lebih ditingkatkan, menjaga kesehatan, dan jangan sampai ada sesuatu hal yang menjadi penghalang kalian untuk mengikuti ujian” ujar pimpinan pondok pesantren.

Beliau juga menambahkan bahwa besar harapan kami kepada para pengawas untuk mengawal ujian ini, dengan ujian yang berkualitas, sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) sehingga bisa berjalan dengan baik. 

Luruskan Niat, Satukan Tekad, Gelorakan Semangat Demi Menggapai Suksesnya Ujian Akhir Pesantren As'adiyah. (Umra/Rosida)