MTs Raodatusshalihin Menuju Digitalisasi Gelar Asesmen Madrasah Berbasis Android Dengan Aplikasi Google Formulir

TALA-TALA (Humas Bantaeng) MTS Raodatusshalihin melaksanakan Asesmen Madrasah Berbasis Android (AMBA) 2023-2024 berbasis Android mulai tanggal 22 sampai 30 April 2024. Hal ini merupakan bentuk komitmen MTs Raodatusshalihin untuk masuk dalam dunia digitalisasi secara bertahap, walaupun masih dalam keterbatasan sarana dan prasarana yang ada, tidak jadi penghalang untuk melangkah lebih jauh. Pelaksanaan AM berbasis Android ini merupakan pelaksanaan yang kedua kalinya  yang dilakukan pihak Madrasah terhadap peserta didik.

Pelaksanaan AM berbasis Android tahun ini dirasakan lebih mudah oleh peserta didik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya sebab selain sudah memahami kiat-kiat mudah melaksanakan Ujian Madrasah berbasis Android, Peserta didik menggunakan hp sendiri dan wifi sendiri  satu gelombang ujian. Adapun jumlah peserta yang mengikuti asesmen berbasis android tahun ini sebanyak 15 orang.

Pelaksanaan AM di MTs Raodatusshalihin Tala-Tala pada hari kedua tanggal 23 April 2024 di pantau langsung oleh Kasi Pendidikan Madrasah bersama Pengawas Madrasah Kementerian Agama Kabupaten Bantaeng. Dalam hal ini, Ibu Sunarti, S.Pd., MM (Kasi Pendidikan Madrasah) memberikan motivasi dan sport agar guru-guru MTs Raodatusshalihin terus meningkatkan kemampuannya dalam hal mendidik anak bangsa untuk menuju Indonesia emas 2045. Dalam rombongan tersebut hadir pula pengawas madrasah (Hj. Sitti Rohani, S.Ag., M.Pd,) dan  Staf Seksi Pendidikan Madrasah. 

Menurut Syarifuddin, S.Ag., M.Pd selaku Kepala Madrasah, berharap kedepannya peserta didik dapat mengikut Asesmen  Madrasah sudah bisa menggunakan Komputer dan tidak lagi mengguna HP/Android. Pelaksanaan Asesmen  ini, walau dengan segala keterbatasan dapat berjalan lancar dan sukses. Kami berharap kedepannya, agar instansi terkait dapat memberikan bantuan Komputer supaya siswa kami ujian dengan menggunakan  Komputer.

Asesmen Madrasah  berbasis Android  ini menggunakan aplikasi Geogle Formulir. Menurut Mappanyukki, SS., S.Pd., MM Selaku Ketua Panitia dan sebagai Wakamad Bidang Kurikulum pelaksanaan AM berbasis Android ini bagi siswa yaitu dapat menyesuaikan ukuran dalam tampilan soal, kenyamanan diri terhadap teks yang dibaca melalui Android yang dimiliki peserta didik. Asesmen Madrasah  berbasis Android dirasa lebih efektif bagi peserta didik karena setiap peserta didik memiliki paket soal yang berbeda dengan peserta didik lainnya hal ini mendukung kebaikan dalam proses penilaian karena semua hasil nilai berdasarkan pengetahuan murni setiap peserta didik bukan hasil contekan dari teman peserta didik. Bagi tenaga pendidik kemudahannya adalah penilaian dapat dimiliki tanpa dikoreksi karena sudah terprogram di aplikasi Geogle Formulir tersebut. Selain itu, dapat menambah pengetahuan dalam teknologi komputer serta mempercepat proses kerja guru-guru.

Proses pelaksanaan AM berlangsung 90 Menit untuk 1 mata pelajaran dan setiap peserta didik hanya melaksanakan AM sehari hanya 2 mata pelajaran. Panitia pelaksanaan AM dapat memantau secara Online proses pelaksanaan ujian peserta didik dengan melihat ke server dengan Username masing-masing peserta didik. Apabila peserta didik melakukan aktifitas selain ujian maka panitia dapat langsung menyampaikan kepada pengawas ruang kesalahan yang dilakukan peserta didik.

“Soal AM sudah diupayakan memenuhi kriteria soal HOTS (Higer Order Thinking Skills), memiliki stimulus, serta  materinya sudah disesuaikan dengan kurikulum 2013. Soal tersebut dibuat langsung oleh setiap guru mata pelajaran dengan menyesuaikan kisi-kisi soal yang di keluarkan oleh Kementerian Agama (Dirjen Pendis) dan di kembangkan oleh guru mapel masing-masing. Semua materi soal sudah dipelajari oleh setiap peserta didik. Maka tiada lagi kata materi soal belum dibahas dari peserta didik, karena sudah disesuaikan dan dibuat langsung oleh guru mata pelajaran bukan dari pusat soalnya diberikan. Jika sungguh-sungguh peserta didik belajar dan mengulang pelajaran di rumah maka jawabannya pasti semua benar.” Ujar Syarifuddin, S.Ag., M.Pd selaku kepala Madrasah. (AU/Mappanyukki)