MTs NEGERI BANTAENG LAKSANAKAN ASESMEN MADRASAH BERBASIS ANDROID TAHUN AJARAN 2022-2023

Dampang (Humas Bantaeng) MTs Negeri Bantaeng melaksanakan Asesmen Madrasah berbasis Android (AMBA) tahun ajaran 2022-2023 yang dilaksanakan mulai tanggal 02 - 10 Mei 2023. Asesmen Madrasah dilaksanakan sesuai dengan standar Operasional Pelaksanaan (SOP) yang telah disosialisasikan oleh Direktorat KSKK Madrasah. 

Pelaksanaan Asesmen Madrasah tahun ini sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, hal tersebut menyesuaikan sosialisasi yang telah disampaikan oleh Direktorat KSKK Madrasah terkait teknis penyusunan istrumen dan soal yang memuat stimulus, kemudian jenis soal tak hanya pilihan ganda saja, namun terdapat 3 jenis soal yaitu pilihan ganda, soal isian, dan soal uraian. Perubahan tersebut merupakan upaya dalam mengembangkan kemampuan literasi siswa.

Dalam pelaksanaan Asesmen Madrasah berbasis Android Kepala MTs Negeri Bantaeng Bapak Muh. Kasim, S.Ag., M.Pd.I. di dalam apel pagi memberikan motivasi kepada seluruh siswa “diharapkan semua siswa untuk bersungguh-sungguh, semangat, dan tetap menjaga kesehatan agar kegiatan Asesmen Madrasah dapat terlaksana dengan lancar hingga selesai”. Beliau juga menghimbau kepada panitia Asesmen Madrasah untuk tetap memantau kendala yang dialami siswa baik dari akses jaringan maupun perangkat yang digunakan.

Menurut Muhammad Arief Pratama, S.Pd selaku ketua panitia pelaksana Asesmen Madrasah MTs Negeri Bantaeng, pelaksanaan Asesmen Madrasah (AM) berbasis Android terus melakukan evaluasi dan inovasi. Pelaksanaan AM berbasis Android dengan memanfaatkan google form yang dipadukan dengan aplikasi Riyu Exambro untuk meminimalisir kecurangan dalam pelaksanaan ujian. Sebelumnya panitia telah melakukan simulasi pelaksanaan ujian, sehingga dapat dipastikan bahwa pelaksanaan Asesmen Madrasah berbasis Android siap terlaksana. (Asri Nasir)