MTs Muhammadiyah Bantaeng Melaksanakan Tahapan Awal Kompetisi Sains Madrasah

Bantaeng (Humas Bantaeng), MTs Muhammadiyah Bantaeng melaksanakan Seleksi Kompetisi Sains Madrasah (KSM) pada tingkat Satuan Pendidikan. Rabu, 24 Mei 2023.

KSM (Kompetisi Sains Madrasah) merupakan sebuah kegiatan yang digelar dan diadakan oleh Kementerian Agama sebagai wahana membangun semangat kompetisi sains kalangan siswa madrasah. Di samping itu, KSM bertujuan untuk memperteguh akhlak mulia, kreatif, inovatif, berwawasan kebangsaan, cerdas, sehat, disiplin, serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Bukan hanya itu, secara khusus KSM juga merupakan wahana bagi siswa madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat dibidang sains. 

Tahapan KSM pada satuan pendidikan dijadwalkan mulai hari ini 24 Mei 2023 sampai dengan 7 Juni 2023. Komite Pelaksana KSM di MTs Muhammadiyah Bantaeng sendiri, sudah menjadwalkan pelaksanaan seleksi khusus KSM mulai hari ini 24 mei 2023 sampai dengan 26 mei 2023. Dan pada hari ini, telah melaksanakan seleksi KSM bidang studi matematika. Seleksi yang berlangsung sejak pukul 09.00-10.30 WITA, diikuti oleh 30 orang siswa yang dipilih dari kelas VII sampai kelas VIII. Soal yang diujikan dalam bentuk pilihan ganda yang ditetapkan dan disiapkan oleh madrasah dengan durasi penyelesaian selama 90 menit. 

KSM yang berlangsung di MTs Muhammadiyah Bantaeng ini menjadi tahapan awal seleksi KSM di tingkat Satuan Pendidikan. Tahapan KSM ini dimaksudkan untuk menentukan siswa terbaik mewakili MTs Muhammadiyah Bantaeng untuk mengikuti KSM tingkat Kabupaten. 

"Setelah pelaksanaan seleksi ini, akan terpilih 2 orang siswa terbaik tiap bidang studi (Matematika,IPA,IPS) yang akan mewakili MTs Muhammadiyah Bantaeng untuk mengikuti tahapan seleksi selanjutnya pada tingkat Kabupaten". Jelas Amiruddin, Sebagai Ketua Komite Pelaksana KSM tingkat Satuan Pendidikan MTs Muhammadiyah Bantaeng. 

Melalui kompetisi ini diharapkan dapat menumbuh kembangkan budaya kompetitif yang sehat di kalangan madrasah. (Kasma)