MTs DDI Mattoanging Bantaeng Laksanakan Asesmen Madrasah 2024

Bantaeng (Humas Bantaeng) - MTs Ponpes DDI Mattoanging, mulai hari ini Senin (22/04/2024) melaksanakan Asesmen Madrasah (AM) Tahun Pelajaran 2023/2024. Asesmen Madrasah diikuti oleh seluruh peserta didik kelas IX berjumlah 70 Santri/Santriwati dan akan mengikuti Asesmen Madrasah selama 8 hari mulai tanggal 22-30 April 2024.

Sebelum memulai pelaksanaan Asesmen Madrasah TP. 2023/2024, peserta didik terlebih dahulu mengikuti kegiatan pembukaan Asesmen Madrasah yang dipimpin oleh Kepala Madrasah MTs Ponpes DDI Mattoanging (Drs.H.Sirajuddin) yang didampingi Ketua Panitia Asesmen Madrasah (Sitti Irma, S.Pd.I). 

MTs Ponpes DDI Mattoanging melaksanakan Asesmen Madrasah Tahun Pelajaran 2023/2024, sesuai dengan jadwal rentang waktu pelaksanaan yang telah ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia. "Hari ini anak-anakku sekalian akan mengikuti Asesmen Madrasah, saya harap kalian bisa menjalaninya dengan serius tetap junjung tinggi kejujuran dan kita sama-sama berdoa semoga kalian bisa melaluinya dengan baik tetap pertahankan antusias dan semangat kalian,” Ungkapnya.

Kemudian Drs.H.Sirajuddin berpesan kepada seluruh peserta didik agar meminta doa restu kepada orang tua, guru agar diberi kemudahan dalam mengikuti Asesmen Madrasah. Hal itu dilakukan untuk mendapatkan ridha dari Allah SWT dan diberikan kemudahan dalam menjawab soal-soal Asesmen nantinya.

Pelaksanaan Asesmen Madrasah MTs Ponpes DDI Mattoanging menggunakan Aplikasi elearning.id “Kita akan berusaha untuk selalu memberikan inovasi di Madrasah, selain tujuan untuk memberikan kemudahan, penggunaan aplikasi ini akan memberikan pengalaman kepada guru serta peserta didik agar terbiasa dengan perkembangan teknologi saat ini”. Ungkap selaku teknisi MTs Ponpes DDI Mattoanging.

Asesmen Madrasah adalah asesmen sumatif yang diselenggarakan pada akhir jenjang pendidikan madrasah untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik sesuai Standar Kompetensi Lulusan yang telah ditetapkan.

Asesmen Madrasah (AM) meliputi seluruh mata pelajaran yang diajarkan pada akhir satuan pendidikan dengan bentuk soal yakni pilihan ganda, Isian dan Essai. Persiapan asesmen ini telah dilakukan beberapa  bulan sebelumnya mulai dari rapat dewan guru, menyusun jadwal, menyusun kisi-kisi, dan pembuatan soal, penginputan soal hingga pelaksanaan AM. (VN)