MTS RAODATUSSHALIHIN MENYELENGGARAKAN ASESMEN MADRASAH BERBASIS ANDROID DENGAN APLIKASI GEOGLE FORMULIR

TALA-TALA (Humas Bantaeng) MTS Raodatusshalihin melaksanakan Asesmen Madrasah Berbasis Android (AMBA) 2023 berbasis Android mulai tanggal 2 sampai 10 Mei 2023. Hal ini merupakan bentuk komitmen MTs Raodatusshalihin untuk masuk dalam dunia digitalisasi secara bertahap, walaupun masih dalam keterbatasan sarana dan prasarana yang ada. Pelaksanaan AM berbasis Android ini merupakan pelaksanaan yang kedua kalinya yang dilakukan pihak Madrasah terhadap peserta didik.

Pelaksanaan AM berbasis Android tahun ini dirasakan lebih mudah oleh peserta didik dibandingkan dengan tahun pertama sebab selain sudah memahami kiat-kiat mudah melaksanakan Ujian Madrasah berbasis Android, Peserta didik menggunakan hp sendiri dan wifi sendiri satu gelombang ujian. Jumlah peserta yang mengikuti ujian sebanyak 20 orang.

Menurut Syarifuddin, S.Ag., M.Pd selaku Kepala Madrasah, berharap kedepannya peserta didik dapat mengikuti Asesmen Madrasah dengan menggunakan Komputer dan tidak lagi menggunakan HP/adroid. Pelaksanaan Asesmen ini, walau dengan segala keterbatasan dapat berjalan lancar dan sukses. Kami berharap kedepannya, agar instansi terkait dapat memberikan bantuan Komputer supaya siswa kami ujian dengan menggunakan Komputer.

Asesmen Madrasah berbasis Android ini menggunakan aplikasi Geogle Formulir. Menurut Mappanyukki, SS., S.Pd., MM Selaku Ketua Panitia, pelaksanaan AM berbasis Android ini bagi siswa yaitu dapat menyesuaikan ukuran dalam tampilan soal, kenyamanan diri terhadap teks yang dibaca melalui Android yang dimiliki peserta didik. Bagi tenaga pendidik kemudahannya adalah penilaian dapat dimiliki tanpa dikoreksi karena sudah terprogram di aplikasi tersebut. Asesmen Madrasah berbasis Android dirasa lebih efektif bagi peserta didik karena setiap peserta didik memiliki paket soal yang berbeda dengan peserta didik lainnya hal ini mendukung kebaikan dalam proses penilaian karena semua hasil nilai berdasarkan pengetahuan murni setiap peserta didik bukan hasil contekan dari teman peserta didik.

Proses pelaksanaan AM berlangsung 90 Menit untuk 1 mata pelajaran dan setiap peserta didik hanya melaksanakan AM sehari hanya 2 mata pelajaran. Tanggal 2-10 Mei 2023 peserta didik hanya melaksanakan AM dengan 1 mata pelajaran saja. Panitia pelaksanaan AM dapat melihat secara Online proses pelaksanaan ujian peserta didik dengan melihat ke server dengan Username masing-masing peserta didik. Apabila peserta didik melakukan aktifitas selain ujian maka panitia dapat langsung menyampaikan kepada pengawas ruang kesalahan yang dilakukan peserta didik.