MA Ma'arif NU Lasepang Laksanakan Songkabala di Bulan Muharram 1444 H

Lasepang ( Humas Bantaeng ). MA Ma'arif NU Lasepang melaksanakan Songkabala pada jumat pertama di Bulan Muharram bertempat di Masjid Al-Ma'arif, Jumat ( 05/08/2022 ).

Songkabala merupakan tradisi syiar islam yang dimaksudkan untuk mengharap keberkahan dan dijauhkan dari Bala kepada Allah Swt. Dalam pelaksanaanya dibaca kitab Barazanji dan Doa Tolak Bala. Dalam kegiatan yang dilaksanakan ini, para Ustadz dan peserta didik yang tergabung dalam ekstrakurikuler LANTANG ( Laskar Sembilan Bintang ) secara bergantian membacakan Kitab Barazanji.

Rohani Haya selaku Kamad MA Ma'arif NU Lasepang mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh ekskul Lantang ini. Sebagai Islam Rahmatan Lil 'Alamin dan berada dibawah naungan Nahdlatul Ulama, sudah seharusnya tetap menjaga tradisi yang tidak bertentangan dengan Islam Aswaja An-Nahdliyah. Kegiatan Songkabala juga menjadi wadah untuk bermunajat kepada Allah Swt untuk mengharap pertolongan Allah Swt.

Songkabala yang dilaksanakan ini juga merupakan kegiatan pertama kali yang dilaksanakan dalam rangka tahun baru Hijriyah. Dalam pelaksanaan Songkabala juga ini disajikan makanan khas Songkabala yang sudah melekat ditengah-tengah Masyarakat. Seperti Pisang panjang, Apang, Baje', Onde-Onde, Cucuru, Lebo-lebo dan Ka'do' Massingkulu.

Fajar Nur selaku pembina keagamaan sekaligus Pembina Ekskul Lantang merasa bersyukur karena Madrasahnya dapat melaksanakan Kegiatan Songkabala ini sebagai bentuk tradisi dan Syiar Islam. Beliau memberikan pemahaman bahwa kegiatan seperti ini merupakan Syiar Islam yang tidak terikat tata cara pelaksanaannya, namun sarat dengan Amaliah yang dianjurkan, seperti Shalawat, Kisah rasul, dan doa. 

Kegiatan ini rencananya akan menjadi kegiatan rutin tahunan setiap awal Bulan Muharram. ( FNA 92 )