Khattil Kontemporer Warnai Pelaksanaan MTQ Ke XXXIV Kabupaten Bantaeng

Bantaeng (Humas Bantaeng) Di setiap perhelatannya cabang Khattil kontemporer dalam MTQ, slalu memberikan daya tarik tersendiri dan nuansa seni Islam tersendiri.

Berlokasi di ruangan perpustakaan MA Muhammadiyah Bantaeng, para peserta MTQ cabang Khattil kontemporer beraksi, Sabtu(24/2)

Kaligrafi Kontemporer itu sendiri merupakan perpaduan antara seni lukis dan kaligrafi. Kaligrafi kontemporer ini dapat dikreasikan dengan keindahan lukisan alam. Kemudian ayat Al-Qur'an dilukis menyesuaikan dengan tema lukisan.

Para peserta lomba utusan dari beberapa kecamatan ini masing-masing tampak mulai menggoreskan kuas, memberikan warna pada karyanya. Mereka berlomba bereksplorasi atau berimajinasi lebih luas dan lebih bebas dalam menuangkan ekspresi, tetapi tetap memperhatikan penulisannya. Penulisannya harus tetap sesuai dengan kaidah penulisan kaligrafi arab Internasional, yang dalam arti meski bebas dalam menuangkan ekspresi namun penulisan khatnya harus tetap terjaga dengan baik.

Disisi lain kaligrafi kontemporer ini memiliki potensi menjadi industri ekonomi kreatif terkhusus di Kabupaten Bantaeng, dikarenakan seni kaligrafi ini berbeda dengan karya kaligrafi biasanya dan sangat diminati masyarakat. Kaligrafi kontemporer dapat memberikan kepuasan tersendiri bagi para pecinta seni dan Alquran.(umr)