Kepala Kantor Kemenag Kab. Bantaeng Membuka Bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka Di Nahdlatul Thawalib Tompong

Tompong (Humas Bantaeng) Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah Nahdlatul Thawalib Tompong menyelenggarakan kegiatan Bimbingan teknis Bimtek) Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) bertempat di ruang Lab. Komputer MTs Nahdlatul Thawalib Tompong. Selasa, 18/07/2023. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantaeng H. Muhammad Ahmad Jailani. S. Ag., MA yang di dampingi oleh PLt. Kasi Penmad, Suharti. S. Pd., MM. Bersama Pengawas Madrasah, Hajrah. S. Pd., M. Pd

Bimtek Kurikulum Merdeka ini di ikuti oleh seluruh guru MTs dan MA Nahdlatul Thawalib Tompong dengan tujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang Implementasi Kurikulum Merdeka yang akan di terapkan di seluruh Indonesia. 

Dalam sambutannya, Kepala Kantor menyampaikan bahwa Kurikulum Merdeka merupakan salah satu program pemerintah dalam hal ini Menteri pendidikan yang bertujuan untuk memberikan kebebasan dalam proses pembelajaran kepada guru dan siswa. 

Kakan Kemenag juga menjelaskan Manfaat Kurikulum Merdeka Belajar yang bersifat memberikan kebebasan kepada seluruh komponen dalam satuan pendidikan dari Sekolah atau madrasah, Guru hingga siswa. Kurikulum Merdeka merupakan salah satu kurikulum yang merubah konsep sistem pembelajaran di Indonesia. Menurut H. Muhammad Ahmad Jailani, bahwa Kurikulum Merdeka dapat mencapai sebuah keberhasilan pendidikan untuk dapat mengedepankan pembelajaran bagi siswa. Sedangkan Keunggulan Kurikukum Merdeka Belajar untuk guru yaitu dapat memberikan Kurikulum Merdeka Belajar dengan beban kerja yang berkurang, penyederhanaan RPP dan Keunggulan lainnya.

Kurangnya beban Guru ialah guru bisa dapat leluasa dalam melaksanakan pembelajaran serta beban tugas administrasi lebih sederhana sehingga dalam menjalankan sebagai guru lebih terasa nyaman. 

Di akhir arahannya, Kakan Kemenag berharap untuk turut hadir untuk memeriahkan ZIKIR dalam rangka pergantian tahun baru Islam 1445 H yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Bantaeng kerjasama Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantaeng, Tim Penggerak PKK, GOW, Dharma Wanita Persatuan dan Pengurus Masjid Agung Syekh Abdul Gani Bantaeng.  

H. Muhammad Ahmad Jailani juga kembali berharap untuk hadir pada kegiatan Pawai Hijraturrasul dalam rangka tahun baru Islam 1445 H. Kemudian selama Bimtek ini berlangsung seluruh peserta aktif terlibat dalam proses pembelajaran sampai selesai kegiatan IKM ini. (Spr)