Kemenag Bantaeng Gelar Sosialisasi Kampung Moderasi Beragama Di Kecamatan Bissappu

Bissappu (Humas Bantaeng) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantaeng melalui Seksi Bimas Islam menggelar kegiatan Sosialisasi Kampung Moderasi Beragama tahap dua bertempat di Aula Kantor camat Bissappu Kab. Bantaeng, Sabtu (22/07/2023)

Kegiatan ini dilaksanakan atas kerjasama Kementerian Agama Kab. Bantaeng dengan pemerintah Kecamatan Bissappu dan FKUB Kab. Bantaeng. 

Hadir dalam acara tersebut sebagai Narasumber Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Bantaeng yang di iwakili oleh Kepala Sub Bagoan Tata Usaha H. Muhammad Tahir, Turut Hadir pada kegiatan ini Ketua FKUB Kab. Bantaeng, camat Bissappu Danramil 1410-01 Bissappu, Kapolsek Bissappu, Kepala Puskesmas Bissappu, Lurah dan Kepala Desa Se Kec. Bissappu, Penyuluh Agama Islam, Tokoh Agama dan Tokih Masyarakst serta Tim Pokja Kampung Moderasi Beragama. 

Dalam kesempatan ini, Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kab. Bantaeng, H. Muhammad Tahir menyampaikan, ”Kami dari Kemenag Kab. Bantaeng, mohon dukungan dari semua elemen dalam melaksanakan amanah Kementerian Agama dan Kementerian Agama Kab. Bantaeng pada khususnya,” ujarnya

Moderasi Beragama adalah cara hidup untuk rukun, saling menghormati, menjaga dan bertoleransi tanpa harus menimbulkan konflik karena perbedaan yang ada. Moderasi Beragama, merupakan salah satu dari tujuh program prioritas Kementerian Agama, dilahirkan Kementerian Agama, tapi dilaksanakan oleh elemen elemen yang lainnya, dan kewajiban bagi Kementerian yang lainnya untuk melaksanakannya.

Berkaitan dengan Kondisi Indonesia yang mempunyai sekian ribu pulau, terdiri dari berbagai macam suku, budaya dan Bahasa dan setiap daerah mempunyai perbedaan termasuk paham-paham keagamaan, aliran aliran keagamaam, Maka kementerian Agama melahirkan sebuah program yang disebut Moderasi Beragama.

“Tokoh Agama merupakan Ujung tombak bagi Kementerian Agama dalam menyampaikan pesan-pesan khususnya dari Kementerian Agama, terutama dalam mensosialisasikan Program Moderasi Beragama ini,” Ucap Kasubag TU Kemenag Bantaeng

Ketua FKUB Bantaeng Drs. M. Asir, M. Si menyampaikan pandangannya tentang moderasi beragama. Diantara pandangan tersebut di antaranya:

1.Menghargai perbedaan: Menghargai perbedaan agama dan keyakinan orang lain merupakan hal yang sangat penting dalam moderasi beragama. 

2. Meningkatkan pemahaman tentang Agama yang kta anut dan keyakinan kita 

3. Mempraktikkan nilai-nilai agama: Moderasi beragama juga mengajarkan pentingnya mempraktikkan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari, seperti kejujuran, kasih sayang, dan perdamaian. Hal ini dapat membantu meningkatkan kualitas kehidupan dan menjaga harmoni di lingkungan sekitar.

4. Menciptakan dialog: Dialog antaragama merupakan salah satu cara untuk memperkuat hubungan antar kelompok agama. 

5. Menjaga sikap tenang dan tidak mudah terprovokasi: Dalam situasi yang mungkin menimbulkan konflik, 

Kepala Seksi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantaeng, Sopyan Yasri dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sebagai tahapan pembentukan Rintisan kedua Kampung Moderasi beragama dI Kelurahan Bontosunggu Kec. Bissappu yang sebelumnya sudah terbentuk Rintisan Pertama berada di Kelurahan Pallantikan Kecamatan Bantaeng dan insya Allah akan di lounching pada hari Rabu tanggal 26 Juli 2023 secara Nasional oleh Menteri Agama RI Gus Yaqut Cholil Qaumas

 Kampung Sasayya Kel. Bontosunggu dan Kampung Rama Kel. Pallantikan Kab. Babtaeng merupakan Kelurahan dengan penduduk lebih dari satu agama, ada karakteristik unik yaitu budaya kebersamaan antar pemeluk agama dalam kegiatan sosial maka Kedua lokasi layak dijadikan rintisan kampung moderasi beragama.