Kakan Kemenag Kabupaten Bantaeng Ikuti Pembukaan Raker Wilayah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan

Makassar (Humas Bantaeng) Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantaeng H. Muhammad Ahmad Jailani. S. Ag., MA bersama jajaran pimpinan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantaeng mengikuti Rapat kerja Wilayah Tahun 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan yang ditempatkan di UPT Asrama Haji Sudiang. Tanggal 25 s/d 27 Februari 2023 

Rapat Kerja ini diadakan dengan tujuan untuk mengevaluasi kinerja Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan pada periode sebelumnya dan membahas program kerja serta rencana strategis untuk periode berikutnya.

Kakanwil Kemenag Sulsel H. Khaeroni Di hadapan Sekjen Kemenag RI melaporkan bahwa Unit Kerja dibawah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan berjumlah 449 termasuk didalamnya MIN, MTsN, MAN, KUA di 24 Kakankemenag Kab/Kota

Dengan jumlah Satker sebanyak itu, di Tahun 2022 dengan Pagu Anggaran untuk lingkup Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan sebesar Rp 1,9 Trilyun mampu mencapai realisasi anggaran sebesar 98,9 Persen, dan tidak memiliki Pagu Minus Belanja Pegawai, papar Kakanwil disambut Aplauss oleh Seluruh Peserta Raker.

Selain itu, Rata-rata Capaian Nilai Indikator Pelaksanaan Anggaran atau IKPA Provinsi Sulawesi Selatan Pada Tahun 2022 berada di angka 94,96 dengan capaian IKPA tertinggi pada Madrasah Aliyah Negeri 2 Soppeng mencapai 99,80. Sedangkan nilai Kinerja Anggaran SMART DJA Provinsi Sulawesi Selatan mencapai angka 95,64 dan masuk dalam 10 besar Provinsi dengan capaian Nilai Kinerja Anggaran SMART DJA tertinggi di Indonesia.

Tidak cukup sampai disitu, Terkait dengan proses pengadaan Barang/Jasa, capaian penginputan pada Aplikasi Sistem Rencana Umum Pengadaan (SiRUP) untuk Provinsi Sulawesi Selatan per tanggal 24  Februari 2023 sudah mencapai 98,64% dan masuk dalam 5 besar provinsi dengan capaian penginputan Aplikasi SIRUP tertinggi. pungkas Khaeroni

Kemudian sebelum membuka Raker Kanwil Secara Resmi, Sekjen Kemenag RI Prof. Nizar Ali, menekankan bahwa dari 7 program prioritas Kemenag RI yang sudah dirumuskan, kesemuanya menjadikan Sulsel sebagai salah satu lokus atau daerah percontohan (Pilot Project) di seluruh Indonesia, baik itu yang terkait dengan Kemandirian Pesantren, Tahun Toleransi, Revitalisasi KUA sampai Indeks Keberagamaan.

Prof. Nizar Ali juga Menegaskan bahwa Kemenag memiliki 2 mandatori yakni berusaha semaksimal mungkin agar kehidupan keberagamaan dan pendidikan keagamaan menjadi berkualitas di Indonesia. Dan tugas utama kita saat ini adalah bagaimana mengakselerasi (melakukan percepatan) menuju perwujudan visi misi kemenag tersebut yang dijabarkan dalam bentuk program prioritas, Pungkasnya. 

Sedangkan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantaeng H. Muhammad Ahmad Jailani saat ditemui oleh Humas Kemenag Bantaeng berharap, agar para pejabat dalam lingkup Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantaeng yang ikut pada Rakerwil ini senantiasa aktif dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan tersebut. (Spr)