Kakan Kemenag Jadi Pemateri di BLK Komunitas Darul Ishlah Bulukumba

Salemba (Humas Bantaeng) Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantaeng H. Muhammad Ahmad Jailani. S. Ag., MA juga sebagai Ketua PC NU Kabupaten Bantaeng membawakan materi Wawasan Kebangsaan pada Pelatihan Berbasis Kompetensi "Desain Grafis Muda" dengan tema Wujudkan Action dan Kemandirian BLK Komunitas Darul Ishlah Bulukumba. Kamis, 20/07/2023

Ustad Rahman. SE., Sy sebagai Instruktur BLK Komunitas Darul Ishlah Bulukumba dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Bapak Pemateri atas kehadirannya untuk membawakan materinya 

Ustad Rahman juga berharap semoga peserta lebih memahami tetang soft skill wawasan kebangsaan sehingga bisa diaplikasikan di tempat kerjanya nanti dan ditempat usahanya.

H. Muhammad Ahmad Jailani dalam materihya menjelaskan bahwa Dalam proses pelatihan, materi pelatihan merupakan salah satu instrumen yang menunjang keberhasilan suatu pelatihan. Materi Pelatihan berisi informasi dan kegiatan yang meliputi pengetahuan (knowledge) untuk membangun pondasi teori, keterampilan (skill) untuk memiliki pengalaman melakukan praktek yang sebenarnya dan seluruh rangkaian prosesnya dibangun sikap kerja yang melekat dalam perilaku kerja sesuai tuntutan yang mengacu kepada Standar Kompetensi Kerja (Standar Kompetensi Kerja Nasional, Standar Kompetensi Kerja Khusus,dan Standar Internasional) 

Lanjut H. Muhammad Ahmad Jailani, Menjelaskan Tentang :BERAGAMA, BERBANGSA , BERNEGARA 

Agama adalah Sistem kepercayaan dan peribadahan kepada Tuhan,termasuk tata kaidah hubungan antar manusia (dan lingkungannya).

Berbangsa adalah berinteraksi dengan keluarga, orang lain, kelompok lain/masyarakat sesama anak bangsa. Karena merupakan mahluk sosial, setiap orang pasti butuh berinteraksi dengan keluarga dan orang lain, termasuk bermasyarakat dan berbangsa.

Bernegara adalah Berkomitmen untuk membangun dan memajukankehidupan bersama, berdasarkan prinsip-prinsip ideologi bersama, di bawah naungan sistem pemerintahan yang sah dan berdaulat. Bernegara Indonesia adalah Berkomitmen untuk membangun dan memajukan kehidupan bersama sebagai sesama warga negara, di bawah naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Pancasila, UUD 1945, dan Bhineka Tunggal Ika. (Spr)