4 Guru MTsN Bantaeng Mendapat Apresiasi dari Kepala Madrasah

Bantaeng, (Humas Bantaeng) Sejak melandainya penyebaran Covid-19 yang selama ini membatasi aktivitas dalam dunia Pendidikan, utamanya di lingkungan madrasah, MTsN Bantaeng kini berbenah dengan mengaktifkan kembali aktivitas-aktivitas mendidik yang melibatkan guru dan siswa. Selama satu semester terakhir, pembelajaran tatap muka di lingkungan madrasah kembali dapat terlaksana, sehingga pembinaan terhadap siswa yang selama ini tidak berjalan akibat pandemi, dapat ditingkatkan kembali.

Selain kegiatan pembelajaran di kelas yang mulai dimaksimalkan di MTsN Bantaeng, kegiatan ekstrakulikuler juga mulai berjalan aktif. Peserta didik berlomba-lomnba memasuki kegiatan ektrakulikuler untuk mengasah bakatnya dalam bidang organisasi, kepramukaan, seni, olahraga, literasi ataupun dalam bidang agama.

Banyak kegiatan siswa yang diprakarsai oleh masing-masing pembina ektra yang menumbuhkan minat siswa untuk aktif, bukan hanya dalam pembelajaran, melainkan juga dalam kegiatan ekstra yang mereka ikuti. Misalnya dalam Organisasi OSIM yang dibina oleh Muhammad Darwis Ridwan, siswa yang terlibat dalam pengurusan OSIM tahun ini sibuk dengan berbagai kegiatan yang mereka programkan ketika pertama kali dilantik sebagai pengurus inti organisasi kesiswaan ini.

Dalam bidang kepramukaan yang dibina oleh Hamriani tidak kalah sibuknya di MTsN Bantaeng pasca pandemi. Kegiatan kepramukaan yang memang diminati oleh banyak siswa, baru dapat berjalan dengan maksimal di semester ini, banyak kegiatan yang dilaksanakan oleh pembina dan para anggotanya, seperti melaksanakan latihan sertiap minggu, melaksanakan persami sebulan sekali, melaksanakan pelatihan tali temali dan ilmu kepramukaan lainnya serta berbagai aktivitas lainnya yang membuat para anggota pramuka bersemanagat untuk berlatih setiap minggu.

Kegiatan melatih kreativitas yang tak kalah giatnya membangkitkan semangat siswa di semester ini adalah kegiatan pembinaan sastra dan literasi. Salah satu guru yang terlibat aktif dalam bidang ini adalah Hj. Sunarti HS yang memang merupakan guru bahasa Indonesia di MTsN Bantaeng. Kegiatan sastra, Hj Sunarti aktif melatih beberapa siswa yang berminat dan berbakat dalam menulis dan membaca puisi, beliaulah yang bertanggung jawab lahirnya siswa seperti Sri Ayu Arista dan Zahrah Zakirah yang acapkali tampil di berbagi perlombaan dan kegiatan-kegiatan di madrasah. 

Adapun dalam kegiatan literasi, setiap bulan di MTsN Bantaeng diadakan lomba literasi yang dilaksanakan oleh pengurus OSIM seperti lomba menulis puisi dan cerpen, kegiatan rutin telah melahirkan banyak karya siswa yang dipublikasikan melalui buletin madrasah, Buletin Cara’de’.

Aktifnya siswa dalam pembelajaran maupun kegiatan ekstrakulikuler adalah hasil kerja bersama guru dan Pembina di MTsN Bantaeng, namun tak kalah penting peran dari wali kelas masing-masing kelas. Salah satu wali kelas di MTsN Bantaeng yang aktif mendorong dan memotivasi anak walinya ialah Zukmitha Shari wali kelas VIII B. Zukhmitha memang dikenal sebagai wali kelas yang dekat dengan siswanya, sehingga mereka tidak segan untuk bertanya dan berkeluh kesah mengenai berbagia persoalan yang mereka alami selama berada di madrasah.

Hari ini, kepala MTsN Bantaeng Muh. Kasim dihadapan peserta apel pagi memberikan penghargaan kepada keempat guru/Pembina tadi atas dedikasinya yang tinggi kepada kegiatan positif di MTsN Bantaeng, merekalah Muhammad Darwis Ridwan, Hamriani, Hj. Sunarti HS dan Zukmitha Shari. Muh. Kasim sangat mengapresiasi kerja ikhlas keempat gurunya selama ini yang mulai membangkitkan semangat madrasah ini untuk terus berkegiatan. “Tidak menutup kemungkinan, masih banyak guru-guru kita yang aktif dan berdedikasi tinggi di madrasah kita ini, namun keempat orang inilah yang saya pilih untuk memacu semangat kita bersama dalam memajukan madrasah kita ke depan. Semoga kita semua dapat bekerja sama dengan baik, dan in Sya Allah di kesempatan lain, lebih banyak lagi guru kita yang memperoleh pengharagaan dari madrasah ini” kata beliau. Wish.