Tinjau Pelaksanaan ANBK Di MTs Ponpes DDI Mattoanging Bantaeng, PLt Kasi Penmad Bersama Pengawas Madrasah Lakukan Monitoring

Mattoanging  (Humas Bantaeng) - Seperti Tahun-tahun sebelumnya MTs Ponpes DDI Mattoanging Bantaeng bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melaksanaan Asasmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tahun Pelajaran 2023/2024 yang akan berlangsung selama dua hari, Senin s.d. Selasa (18-19 September 2023).

Pelaksanaan ANBK hari pertama di MTSS Ponpes DDI Mattoanging telah berjalan dengan lancar, Senin (18 September 2023). Pelaksanaan ANBK 2023 ini memakai ruangan Laboratorium Komputer MTs  Ponpes DDI Mattoanging. Adapun Jumlah yang mengikuti kegiatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK), sebanyak 45 sampling dan 5 cadangan, kegiatan ini terdapat tiga sesi, dan masing-masing sesi terdiri dari 15 peserta

Pada pelaksanaan kegiatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK), dipantau langsung oleh PLt. Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantaeng yakni (Ibu Suharti, S.Pd., MM) dan pengawas Madrasah yakni (Ibu Hj. ST Rohani, S.Ag., MM) berkesempatan melakukan monitoring pelaksanaan ANBK dengan didampingi Kepala MTs Ponpes DDI Mattoanging (Drs. H. Sirajuddin).

Dalam kunjungannya menyampaikan bahwa tujuan ANBK ini sebagai penilaian terhadap mutu yang dimiliki oleh satuan pendidikan atau madrasah. Asesmen Nasional dilaksanakan dengan 3 instrumen yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Literasi Numerasi, Survey Karakter dan Survey Lingkungan Belajar. AKM dirancang untuk mengukur capaian peserta didik dari hasil belajar kognitif yaitu literasi dan numerasi, kemudian survey karakter dirancang untuk mengukur capaian peserta didik dari hasil belajar sosial-emosional. (VN12)