Pengawas Madrasah, Jadi Pembina Upacara di Mts Muhammadiyah Bantaeng

Bantaeng (Humas Bantaeng), Mengawali pelaksanaan Upacara Bendera di bulan Oktober,  pada pagi yang cerah, dengan cuaca yang sangat mendukung terlaksananya upacara, Mts Muhammadiyah mendapat kunjungan dari Pengawas Madrasah sekaligus menjadi Pembina Upacara dalam hal ini Ibu Suharti dihadapan para guru dan siswa. (Senin, 03 Oktober 2020).

Sebagaimana proses pelaksanaan upacara pada setiap hari senin yang telah lalu, hari ini ada sedikit yang berbeda. Petugas Inti dalam pelaksanaannya adalah para siswa anggota Hisbul Wathan (HW).Dimana HW ini merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler siswa di MTs. Muhammadiyah Bantaeng. Dalam pelaksanaanya, Pasukan Pengibar Bendera berjumlah 10 orang dengan menunjukkan kemampuan mereka mengibarkan bendera dengan menampilkan formasi barisan. 

Selanjutnya, hari ini bukanlah pertama kalinya Pengawas Madrasah menjadi Pembina di Madrasah Kami. Beliau sudah berkali-kali memberikan ilmunya melalui amanahnya kepada para guru dan para siswa. Ini merupakan salah satu kebanggaan kami dari pihak sekolah atas arahan dan motivasi yang diberikan oleh Beliau.

Sebelum menyampaikan amanatnya, lebih awal Beliau menilai proses pelaksanaan upacara hari ini. Beliau memberikan apresiasi atas keberhasilan sekaligus menjelaskan apa yang masih perlu diperbaiki.

Dalam amanatnya, Beliau menyampaikan beberapa poin utamanya dalam hal kedisiplinan baik itu disiplin siswa maupun disiplin guru. "Dari segi kedisiplinan siswa, alhamdulillah sudah memberikan kedisiplinan yang tinggi mengingat keberhasilan yang dicapai saat upacara tadi. Keberhasilan hari ini semoga menjadi motivasi oleh para siswa yang lain utamanya kedisiplinan datang ke sekolah tepat waktu". Ujar Ibu Suharti. 

Beliau juga menjelaskan terkait kedisiplinan para guru yang patut ditiru utamanya pada pelaksanaan upacara bendera harus dimaksimalkan kehadirannya. 

Poin selanjutnya, beliau mengajak untuk berusaha mengubah pola pikir terhadap segala sesuatu sehingga dicapai perubahan yang lebih baik. Menurut Beliau, kita harus memiliki target dalam hidup karena dari target itu sendiri akan memotivasi diri kita sendiri, hati kita karena motivasi dalam hati sejatinya adalah yang paling hakiki. Tercapainya ataupun tidaknya target kita, itu merupakan urusan belakang, jika tidak tercapai berarti kita sudah bisa menganalisis mengapa sehingga demikian. Ungkapnya jelas. 

Terakhir beliau mengingatkan para guru untuk tetap memperhatikan administrasinya sebagai pendidik. Menurut Beliau "yang dinilai bukan cerita banyak, akan tetapi bentuk kinerja yang dibuktikan dari lengkapnya administrasi. Semua guru memiliki tugas dan fungsi. Semua guru sudah menjalankan tugasnya akan tetapi dikatakan berfungsi jika ada bukti administrasi sebagai bukti kinerja. 

Tidak hanya menyampaikan amanatnya, setelah upacara bendera dilaksanakan, Beliau kembali melakukan bimbingan lanjutan kepada salah satu guru MTs Muhammadiyah Bantaeng yaitu guru BK terkait dengan instrumen-instrumen yang perlu disiapkan sebgai guru BK. 

"Alhamdulillah terima kasih atas bimbingannya, semoga kedepannya lebih baik lagi".Singkat Kasmawati sebagai Guru BK. (Kasma)