Kasi Bimas Islam Kemenag Bantaeng membuka Bimbingan Perkawinan Pra Niikah Remaja Usia Sekolah angkatan VI

Bantaeng (Humas Bantaeng) Bimbingan Pra Nikah Remaja Usia Sekolah Angkatan VI merupakan angkatan terakhir yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Kabupaten Bantaeng melalui Seksi Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas), kegiatan ini diikuti oleh 50 orang siswa dan siswi SMA Negeri 1 Bantaeng bertempat di Aula SMA Negeri 1 Bantaeng yang berlokasi di jln.TA.Gani Be'lang , Selasa, 30 Mei 2023. 

Kegiatan bimbingan pra nikah bagi remaja usia sekolah ini bertujuan untuk membuka wawasan para pelajar agar tidak terburu-buru menikah pada usia yang belum cukup. Penikahan dini biasanya berawal dari pergaulan bebas dan lemahnya fungsi kontrol orang tua. Dengan bimbingan ini dapat membuka cara pandang para pelajar untuk memahami dampak dan resiko dari pernikahan dini. Singkatnya kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan, pemahaman kepada para remaja yang nantinya melangsungkan pernikahan sehingga terwujudnya keluarga SaMaWa

Kepalah Seksi Bimas Islam Sopyan Yasri mewakili Kakan Kemenag Bantaeng dalam bimbingan dan arahannya saat membuka kegiatan ini mengatakan bahwa untuk mencegah terjadinya pernikahan dini pada kalangan pelajar perlu dilakukan bimbingan pra nikah seperti ini. Pergaulan anak-anak remaja saat ini sudah tidak ada batas lagi. Maka dari itu pengawasan dan bimbingan menjadi kunci untuk menyelamatkan remaja kita pada jalan yang salah. Terlebih menghindarkan para remaja dari pernikahan dini karena kondisi yang tidak mereka inginkan.

Menurut Kepala Seksi Bimas Islam Sopyan Yasri lebih lanjut mengatakan"bahwa saat ini yang paling penting bagi remaja adalah rajin belajar dan menuntut ilmu, mengikuti apa yang dianjurkan oleh pemerintah lewat guru dan lewat orangtua ikuti dan taati serta dengarkan. Lebih lanjut, bagaimana remaja saat ini membangun diri, mempersiapkan diri untuk kemudian menjadi orang yang berguna, bermanfaat, berpengetahuan dan siap untuk membangun keluarga" pesannya.

Turut hadir dalam kesempatan ini perwakilan dari Kepala UT SMA Negri I Bantaeng yang diwakili oleh Penaggung jawab Bidang Keagamaan SMA Neg1 Bantaeng Kamaruddin,S.PdI.,M.Pdi,Puskesmas Bissappu Eki Purnamasari,S.St.,M.Kes sekaligus sebagai Narasumber dan staf seksi Bimas Islam Kemenag Kab. Bantaeng selaku panitia penyelenggara bimbingan pra nikah remaja usia sekolah di lingkungan Kantor Kemenag Kab. BantaengTahun Anggaran 2023. serta Fasilitator Bimwin yang sudah terbimtek yang akan mendampingi peserta selama kegiatan ini berlangsung diantaranya Jufri,S.Ag., M.Ridwan,S.Ag dan H.Syarief Hidayat,LC.,Ma. Kegiatan ini akan berlangsung selama satu hari ( Hamraj/Spr)