Kakan Kemenag Kabupaten Bantaeng Bersama Jajaran Ikuti Rangkaian Rakernas Kemenag Tahun 2023 Secara Daring

Bantaeng (Humas Bantaeng) Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantaeng H. Muhammad Ahmad Jailani. S. Ag., MA mengikuti Rapat Kerja Nasional Kementerian Agama RI Hybrid  yaitu  secara daring. Sabtu, 4/2/2023 di aula Kantor Kemenag Kab. Bantaeng

Menteri Agama RI Yaqut Cholil  Qoumas membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kementerian Agama RI Tahun 2023 . Rakernas yang dilakukan secara Hybrid  yaitu  secara daring dan luring digelar selama dua hari  4 – 5 Februari di Hotel platinum Surabaya.  (4/02)

Rakernas yang mengusung tema Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat ini diikuti oleh Staf ahli, Dirjen, Ketua Komisi VIII, Kakanwil  Kemenag se Indonesia, Rektor perguruan tinggi dibawah Kemenag , Kepala Balai Diklat.

Turut hadir, Kakan kemenag se Indonesia, Kepala KUA se-Indonesia, Kepala Madrasah Negeri se-Indonesia dan perwakilan Madrasah Swasta secara daring.

Dalam Laporannya, Sekjen Kemenag RI Nizar Ali mengungkapkan bahwa ada 5 (lima) tujuan utama yang mau dicapai dalam Rakernas kali ini, yaitu: Melakukan evaluasi capaian kinerja tahun 2022, merumuskan strategi pelaksanaan Program Kemenag 2023, mempertajam arah kebijakan Kementerian Agama tahun 2023, Meningkatkan tata kelola kepemerintahan dalam rangka mewujudkan pemerintahan yang bersih dan melayani serta Meningkatkan kualitas pelayanan publik di lingkungan Kementerian Agama.

Lebih lanjut,  Sekjen Kemenag RI Nizar Ali menyampaikan beberapa poin penting yang diangkat Gus Menteri dan harus menjadi perhatian serius dalam Rakernas kali ini, antara lain indeks profesionalisme ASN Kemenag yang perlu ditingkatkan, indeks moderasi beragama dan komitmen kebangsaan ASN Kemenag yang harus diupgrade.

Menteri Agama RI dalam arahannya menegaskan bahwa Kemenag butuh ASN yang responsif, detail dan solutif terhadap masalah umat, juga keterlibatan aktif ASN dalam pencegahan kekerasan seksual dan isu krusial lainnya di lingkungan pendidikan dan di tengah masyarakat, percepatan implementasi program prioritas Kementerian Agama, khususnya layanan dan transformasi digital, realisasi serapan anggaran Juli tahun 2023 sebesar 70%, target sertifikasi halal 10 juta pada tahun 2024 dan cegah politisasi agama dan rumah ibadah di tahun politik dengan semangat tema Rakernas: "Kerukunan Umat Untuk Indonesia Hebat."

Diakhir sambutannya, Gus Menteri Agama kembali meminta kepada seluruh Aparatur Kemenag di semua jajaran agar jangan pernah berhenti melayani Rakyat dan Umat, sampai kemudian mereka menyatakan puas, serta menegaskan hilangkan praktek korupsi di lembaga terhormat kita dan menyandang kata agama,” Tegas Gus Yaqut.

Kakan Kemenag Kabupaten Bantaeng H. Muhammad Ahmad Jailani mengapresiasi positif kegiatan yang sangat penting dan strategis ini dan berharap implementasinya dapat membawa manfaat bagi masyarakat dan umat beragama di Indonesia.

Lanjut H. Muhammad Ahmad Jailani berharap kepada seluruh peserta Rakernas dalam hal ini para Kepala KUA dan Kepala Madrasah Negeri dalam lingkup Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantaeng agar tetap aktif dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan rakernas. "Harapnya. (Spr)

#MenagRI 

#KemenagRI

#KemenagSulsel

#KemenagBantaeng