Jelang Pelaksanaan KSM Tingkat Kabupaten, Tim KSM MTs Ma'arif Puro'ro Laksanakan Bimbingan Instensif

Bantaeng  (Humas Bantaeng) – Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia kembali menggelar Kompetisi Sains Madrasah 2022 (KSM 2022). Kegiatan ini dilakukan berjenjang mulai dari KSM Satuan Pendidikan, KSM Kabupaten/Kota, KSM Provinsi, hingga KSM Nasional.

Pendaftaran KSM 2022 sudah selesai pada 13 – 26 Juli 2022 melalui laman ksm.kemenag.go.id. 

MTs. Ma'rif Puro'ro bertekad akan berjuang semaksimal mungkin dalam ajang akademik penuh gengsi ini. Lewat enam duta terbaiknya, madrasah berharap KSM tahun ini akan memberikan hasil gemilang.

Pada Selasa (2/8) terlihat seluruh peserta KSM yang terdiri atas Matematika: Dita Aditya, Musfirati;  IPS: Marsya Adelia, Bella Pasirah dan IPA: Sri Ramadani, Frista Usnul Amaliah tengah mengikuti bimbingan nilai-nilai Islam bersama pembimbing PAIS, Abd. Rahman, S.Pd.I dan Jamaluddin, S.Pd.

Bertempat di Ruang belajar maupun di luar kelas , keenam siswa mendapatkan materi secara intensif. Nurita, S.Pd,  menyampaikan bahwa soal-soal KSM yang mengintegrasikan nilai-nilai Islam itu memang cenderung rumit karena anak-anak harus menguasai banyak materi.

“Memang soalnya jadi sangat menarik karena mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam soal Matematika, IPA dan IPS. Selain anak harus menguasai mapel sesuai bidangnya anak juga harus menguasai nilai-nilai Islam dari SKI, Qur’an Hadits, Fikih hingga Akidah Akhlak,” terang Nurita, S.Pd.

Sri Ramdani, peserta KSM mapel IPA yang  kedua kalinya mengikuti ajang ini mengaku sangat tertantang dengan tipe-tipe soal IPA yang terintegrasi Al Qur’an.

“Sangat menantang dan perlu kerja keras yang luar biasa. Soal IPA sendiri sudah rumit ditambah diintegrasikan dengan Al Qur’an tentu menjadi sangat rumit. Heeehee…,” ucap siswa kelas VIII unggulan tahfidz yang akrab disapa Sri.

Lebih lanjut, Dita,  peserta KSM mapel matematika yang juga  mengungkapkan ia mendapat dukungan penuh dari orang tuanya.

“Bersyukur di rumah saya juga selalu ditemani belajar sama ibu, jadi belajarnya enggak putus. Di madrasah juga di rumah. Saya ingin memberikan prestasi terbaik saya di ajang KSM ini, semoga predikat juara KSM ” tutur Dita ni bersemangat. (Humas MTs Ma'rif Puro'ro)