03 September 2018
Tim Akreditasi BAN-S/M Sulsel Visitasi MAS As'adiyah Dapoko Bantaeng

Tim Akreditasi BAN-S/M Sulsel Visitasi MAS As'adiyah Dapoko Bantaeng

Dapoko, (Inmas Bantaeng) - Dalam rangka peningkatan kualitas dan kelayakan sebuah lembaga pendidikan, Badan Akreditasi Nasional Sekolah/ Madrasah (BAN S/M) Provinsi Sulawesi Selatan melalui tim yang ditunjuk melakukan visitasi ke salah satu Madrasah dalam lingkungan Kantor Kementerian Agama Kab. Bantaeng guna melakukan penilaian Akreditasi yakni MAS As'adiyah Dapoko, Kec. Eremerasa, Kab. Bantaeng.

Tim yang teridiri dari 2 orang asesor yakni bapak Amir, dan bapak Sumarlin ini melakukan visitasi di MAS A'sdiyah Dapoko selama 2 hari berturut-turut yakni pada hari Jum'at (31/8) dan Sabtu (1/9).

Sebagaimana diketahui akreditasi Sekolah/Madrasah merupakan sebuah proses penilaian secara komprehensif terhadap kelayakan satuan lembaga atau program pendidikan, yang hasilnya diwujudkan dalam bentuk sertifikat pengakuan dan peringkat kelayakan yang dikeluarkan oleh suatu lembaga yang mandiri dan profesional.

Selain itu, Akreditasi Madrasah juga bertujuan memberikan gambaran tingkat kinerja sekolah atau madrasah yang dijadikan sebagai alat pembinaan, pengembangan dan peningkatan baik dari segi mutu, efektivitas, efisiensi, produktivitas dan inovasinya.

Kepada masyarakat/publik, Akreditasi juga bertujuan memberikan jaminan sekolah atau madrasah tersebut telah diakreditasi dan menyediakan layanan pendidikan yang memenuhi standar akreditasi nasional.

Adapun penilaian yang dilakukan oleh tim Assesor adalah penilaian atas 8 Standar Penilaian Akreditasi antara lain:

1. Standar Isi,
2. Standar Proses,
3. Standar Kompetensi Lulusan,
4. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan,
5. Standar Sarpras.
6. Standar Pengelolaan.
7. Standar Pembiayaan.
8. Standar Penilaian Pendidikan.

Di MAS As'adiyah Dapoko Bantaeng, tim asesor disambut dengan penampilan Yel-yel dari anak-anak Pramuka serta penampilan tari kreasi oleh santriwati MAS PP As'adiyah Dapoko.


Visitasi diawali dengan temu awal yang dihadiri oleh Pengawas madrasah, pendiri yayasan, Ketua Yayasan, Pimpinan Pondok dan para pembina MA As'adiyah Dapoko, dilanjutkan dengan observasi lapangan untuk melihat sarana dan prasarana. Setelah itu kemudian visitasi administrasi 8 standar.

Turut hadir Ketua DWP Kantor Kementerian Agama Kab. Bantaeng yang juga Wakamad Kurikulum MAS As'adiyah Dapoko Ibu Hj. St. Hasnah Yunus, S.Ag.

Wakamad berharap semoga kegiatan visitasi akreditasi ini dapat berjalan dengan lancar dan mendapatkan hasil penilaian yang maksimal sesuai yang diharapkan.

Wakamad juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak atas partisipasi dan kerjasamanya dalam mempersiapkan visitasi akreditasi ini.

Tak lupa pula kepada bapak-bapak Tim Assesor Wakamad menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga atas kunjungannya serta keramahannya dalam  membimbing dan mengarahkan sehingga kegiatan visitasi ini berjalan dengan lancar sembari memohon maaf atas segala kekurangan yang ada.

Selain melakukan kunjungan visitasi ke MAS A'sdiyah Dapoko, berdasarkan surat tugas, tim juga akan melakukan kunjungan yang sama ke SMA-IT Insan Cendikia Bajiminasa, Kec. Gantarangkeke, Kab. Bantaeng besok, Senin 3 September 2018. (mhd/arf)

0 Komentar

Informasi Penting

Pencarian

Berita Populer

WAKTU SHALAT MAKASSAR

Jajak Pendapat

  • Menurut anda website ini bagus ga?
  • Sangat Bagus
  • Bagus
  • Kurang Bagus
  • Tidak Bagus
Lihat Hasil

Hasil Polling

Sangat Bagus
53%
Bagus
28.2%
Kurang Bagus
15.3%
Tidak Bagus
3.5%

Statistik